Selasa, 19 Februari 2013

Arti Perbandingan angka 1 dan 9 dimata Allah Ta'alla


Suatu hari di kota Basrah hidup 3 orang tokoh sufi yg sama-sama tampan lagi pandai,... Dan tidak seorangpun di antara mereka yg sudah menikah,... Akhirnya mereka memutuskan untuk melamar seorang ahli sufi wanita terkemuka di kota Basrah,... Namanya Rabiyah Al-Adawiyah,...

Kedatangan mereka bertiga disambut Rabiyah Al-Adawiyah dari balik hijabnya,. Mereka pun mengungkapkan maksud hati mereka berkunjung ke kediaman Rabiyah Al-Adawiyah. "Siapa di antara kalian bertiga yang paling pandai?" Rabiyah bertanya. Majulah salah seorang ahli sufi itu setelah di tunjuk oleh kedua orang temannya. "Apakah engkau tau setelah wafat aku akan masuk surga atau tidak? Apakah engkau tau saat di padang masyar aku akan masuk golongan orang-orang yang mana?" Rabiyah bertanya kepada orang yang ditunjuk oleh kedua temannya itu. Tapi dia tidak dapat menjawab satu pun pertanyaan yang di ajukan Rabiyah Al-Adawiyah.
Kemudian Rabiyah bertanya lagi:
Ummu Rabiyah: "Berapa banyak Allah menciptakan ilmu untuk laki-laki dan perempuan?"
Sufi yg paling pandai: "Sembilan ( 9 ) untuk laki-laki dan satu ( 1 ) untuk perempuan."
Ummu Rabiyah: "Berapa banyak Allah menciptakan nafsu bagi laki-laki dan perempuan?"
Sufi yg paling pandai: "Satu ( 1 ) untuk laki-laki dan sembilan ( 9 ) untuk perempuan."
Ummu Rabiyah Al-Adawiyah bertanya perihal tersebut setelah 3 orang sufi td tdk dapat menjawab semua pertanyaannya,... Lalu Ummu Rabiyah Al-Adawiyah berucap:
" Sesungguhnya aku bisa mengalahkan nafsuku yg 9 dengan ilmu yg hanya 1! dan kalian tdk dr kalian yg bisa mengalahkan nafsu yg hanya 1 dengan ilmu yg 9 td!"

Makna dari ini semua adalah, terkadang ilmu yang banyak tidak mampu untuk menguasai nafsu yang hanya sedikit dalam dirinya.

Salam penulis

-Nurma Li-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar